Jenis-jenis Port Pada Komputer

Jenis-jenis port komputer
Port bisa didefinisikan sebagai soket atau colokan yang terdapat pada komputer. Port juga merupakan bagian yang tertanam pada motherboard komputer yang berfungsi sebagai penghubung perangkat eksternal kedalam komputer sehingga kita dapat menghubungkan Mouse, Keyboard, Printer, Modem, Monitor, Hingga HP sekaligus kedalam komputer.

Dalam sejarahnya port memilik berbagai jenis tergantung dari perangkat yang akan dihubungkan dan memiliki bentuk serta jumlah pin yang berbeda, namun seiring perkembangan jaman penggunaan port pada umumnya menggunakan port yang berjenis USB (Universal Serial Busuntuk menghubungkan suatu perangkat kedalam komputer. Berbeda halnya dengan port Jaringan yang perbedaannya dibedakan berdasarkan nomor port seperti port 80 untuk webserver. Untuk itu akan dibahas mengenai jenis-jenis port yang terdapat pada komputer.


Jenis-jenis Port Komputer

1. Port Serial
Port ini memiliki 9 PIN atau bisa disebut sebagai port RS-232 yang berfungsi menghubungkan joystick,mouse, dan modem eksternal.
port serial

2. Port Pararel
Port ini memiliki 25 PIN atau bisa juga disebut DB-25 dan berfunsi untuk menghubungkan modem, disk drive, dan printer model lama.
port pararel

3. Port Serial 2 (PS/2)
Port ini memiliki 6 PIN dan berfungsi untuk menghubungkan Mouse (Hijau) dan Keyboard (Ungu).
port PS 2

4. Port Universal Serial Bus (USB)
Jenis Port ini dapat didefinisikan sebagai port multifungsi atau port yang dapat dihubungkan ke berbagai periferal (perangkat) seperti mouse, keyboard, modem eksternal, printer, wireless card. serta dapat juga menghubungkan memori penyimpanan eksternal sebagai jalur perpindahaan data seperti flashdisk, harddisk eksternal, memory, begitu juga HP. Untuk jumlah PIN tidak terbatas minimal dan maksimal pada jumlah PIN yang ada.
port USB


5. Port Jaringan
Port ini memiliki 8 PIN untuk konektor RJ-45 dan 4 PIN untuk konektor RJ-11 yang digunakan dalam menghubungkan komputer dengan jaringan.
Port LAN

6. Port Audio
Biasanya jenis Port ini memiliki 3 warna (Biru, Merah, Hijau), berdasarkan warnanya untuk warna biru digunakan untuk audio line in, hijau untuk audio line out, dan merah untuk microfone.
Port Audio

7. Port Ekspansi
Merupakan jenis port untuk menambahkan periferal-periferal lain seperti VGA Card, LAN Card, Audio Card, Firewire, dan TV Tunner.
Port Expansi

8. Port VGA
Port ini memiliki 15 PIN yang berfungsi untuk menghubungkan monitor serta proyektor. terdapat fungsi yang sama dengan port VGA yaitu port HDMA yang digunakan untuk mengghubungkan antara komputer dengan Monitor, Proyektor, atau TV yang memiliki high resolusi (HD).
Port VGA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-jenis Port Pada Komputer"

Posting Komentar