Pengertian Bandwidth, Troughput, dan Kuota Internet

pengertian bandwidth, troughput, dan kuota
Penggunaan jaringan internet memungkinkan kita dapat memanfaatkan jaringan tersebut untuk berkomunikasi misalkan melalui sosial media, dapat berselancar untuk mencari artikel atau materi melalui google, serta dapat bermain game secara online sehingga game tersebut dapat dimainkan secara bersamaan di perangkat yang berbeda.

Ada beberapa hal yang mesti diketahui dalam menggunakan sebuah jaringan seperti hal nya bandwidth dan throughput yang dapat menjadi modal ketika kita hendak memilih paket internet baik itu seluler ataupun kabel. Mengerti apa itu bandwidth dan throughput akan membuat kita memahami permasalahan terhadap koneksi jaringan internet yang terkadan cepat ataupun lambat, namun kebanyakan orang tidak tau mengenai hal tersebut sehingga membuat orang kebanyakan mengeluh terhadap kondisi jaringan tertentu.

Internet seluler pada umumnya mempunyai kuota baik speed atau volume base yang merupakan batasan dalam menggunakan jaringan internet yang akan dijelaskan pada bagian akhir untuk pengertian serta perbedaan antara kuota Speed dan Volume Base.

A. BANDWIDTH

Secara teknis bandwidth dapat diartikan seabgai banyaknya data (bit) yang dapat dikirim serta diterima komputer dalam kurun waktu satu detik (bps) bit per second. Sedangkan dalam jaringan internet bandwidth merupakan batasan maksimum kecepatan yang diberikan oleh ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan jaringan untuk dapat mengirim dan menerima data pada jaringan internet.

Bandwidth  terbagi menjadi 2 antara lain :

1. Bandwidth Analog
Bandwidth analog adalah rentang antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi yang digunakan pada transmisi sinyal radio (digital dan analog) dalam satuan Hertz (Hz).

2. Bandwidth Digital
Bandwidth digital merupakan banyaknya data (bit) yang dapat dikirim serta diterima dalam 1 detik. Satuan yang biasa digunakan yaitu bit, Byte, Kilo, Mega, Giga.
  • 1 bit mewakili data yang dikirim dalam bentuk digital yaitu 1 (on) dan 0 (off)
  • 1 Byte (1B) = 8 bits
  • 1 Kilobit (1Kb) = 1.000bits atau 1 KiloByte (KB) = 8.000bits
  • 1 Megabit (1Mb) = 1.000.000bits
  • 1 Gigabit (1Gb) = 1.000.000.000 bits
Bandwidth bisa diibaratkan sebuah ukuran pipa yang akan dilalui oleh air, semakin besar pipa makin besar pula data yang bisa mengalir melaluinya. Karena komputer yang terhubung pada jaringan internet dapat saling bertukar informasi data maka bandwidth internet dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

1. Bandwidth Uplink (Batas Kecepatan Upload)
Upload (Mengunggah) adalah aktivitas mengirimkan file (gambar, teks, video, dll) ke perangkat lain menggunakan jaringan internet. Jadi sekecil apapun data yang dikirim melalui sebuah perangkat baik itu berupa pesan yang dikirim lewat sosial media seperti whatsapp, instagram, facebook, line, dll itu juga disebut dengan bandwidth.

Uplink digunakan ketika kita mengirim data lewat jaringan komputer atau internet, data ini bisa berupa teks, audio, video, gambar, documen, dll. Penggunaan uplink tidak begitu besar dibandingkan downlink sebab itulah kecepatan uplink tidak pernah ditulis jelas di iklan penjualan kuota internet.

2. Bandeidth Downlink (Batas Kecepatan Download)
Download (Mengunduh) merupakan aktivitas pengambilan file (teks, audio, video, gambar, documen, dll) ke komputer yang kita menggunakan jaringan komputer atau internet. Ketika kita sedang browsing kita sudah melakukan kegiatan download karena perangkat yang digunakan mengambil data (teks, audio, video, gambar, documen, dll) dari internet.

Downlink digunakan untuk mengambil data dalam jaringan internet, seperti disaat kita sedang mencari artikel, menonton youtube, download musik, gambar, dokumen, dll.

Bandwidth yang tertera ketika kita melihat iklan penjualan kuota internet adalah bandwidth downlink daripada uplink.

B. TROUGHPUT

Troughput adalah kecepatan yang kita dapat pada saat kita mengirim atau menerima data menggunakan jaringan internet. Troughput disini diibaratkan air yang mengalir melalui pipa, yang besaryang besarnya dibatasi oleh besarnya pipa (bandwidth), jadi troughput tidak mungkin lebih besar dari bandwidth yang telah ditentukan. tetapi troughput bisa lebih kecil dari yang telah ditentukan.

Banyak faktor yang mempengaruhi besarnya troughput yang kita dapat saat kita mengirim dan menerima data lewat jaringan internet, diantaranya :

1. Jam Sibuk
Kalian pernah merasakan disaat banyak menggunakan sebuah jaringan publik seperti hotspot / wifi tiba-tiba internet kalian menjadi lambat, itu dikarenakan alokasi bandwidth ISP sedang penuh sehingga paket data yang dikirim atau diterima mengalami penundaan, biasanya ISP akan membuat pool dimana pengguna akan ditempatkan dalam jumlah tertentu dan diberi alokasi bandwidth yang telah ditentukan, ketika semua pengguna aktif maka paket data menjadi antri, akan tetapi ketika sedikit pengguna yang aktif, kita bisa mendapat speed lebih dari yang kita tentukan.

2. Kualitas Jaringan.
Penggunaan jaringan yang bagus ada pada jaringan berkabel karena bebas Interferensi ataupun dari hambatan seperti cuaca serta material sekitar yang menghambat jalannya paket data. Jika kita menggunakan jaringan wireless (tanpa kabel) biasanya lebih sering terkena masalah dikarenakan wireless rentan pada gangguan sinyal dari perangkat lain (interferensi) serta gangguan materal yang menyebabkan sinyal yang dihasilkan lemah seperti terhalang material dinding, pohon, gunung, situasi cuaca, dll.

3. Kecepatan Uplink Server
Bagi server website yang besar sudah memang mengalokasikan uplink yang besar akan tetapi jika pengunjung halaman web tersebut berlebihan maka tidak menutup kemungkinan besar uplink akan habis sehingga disaat mengases server halaman website tersebut kecepatan yang kita dapat tidak akan full atau dapat menyebabkan server menjadi down dan tidak dapat diakses.

4. Maleware
Jika ada Malware di komputer atau jaringan bisa berimbas pada penurunan kualitas jaringan, karena jaringan atau komputer akan sibuk digunakan oleh si malware. Jika kalian pengguna internet seluler (GSM, CDMA) biasanya akan muncul trafic walau internet tidak digunakan. Malware juga bisa mengubah routing atu membelokan trafik ke jaringan malware itu sendiri, sehingga komputer akan terasa lambat jika digunakan untuk mengakses internet.

C. KUOTA INTERNET

Kuota adalah jatah dalam istilah internet kuota atau jatah yang diberikan ISP untuk pelanggan nya sebagai batas penggunaan internet. jatah disini bisa berupa jatah kecapatan/ internet speed/ bandwidth atau jatah berupa volume akumulasi total data yang dapat didownlad dalam satuan Mb atau Gb

1. Kuota Speed atau Bandwidth (Internet Unlimited)
Kuota Speed merupakan batas kecepatan maximal yang didapat ketika melakukan download ataupun juga upload. Di jaringan internet yang biasa kita gunakan tidak akan diputus meskipun sudah melewati batas kecepatan maximal, kita bebas melakukan download berapapun yang kita mau tanpa khawatir memikirkan kuota internet habis atau diputus.

Kuota speed hanya membatasi kecepatan  download / upload dan tidak membatasi banyaknya data yang kita download / upload.

2. Kuota Volume Base (Unlimited Speed)
Kuota Volume Base yaitu batas akumulasi total volume data yag bisa didownload dari jaringan internet (Biasa dalam satuan Gb). Paket internet jeis ini akan menawarkan kecepatan yang luar biasa karena kecapatan kuota ini tidak dibatasi akan tetapi besaranya data yang bisa kita download telah ditentukan, dan ketika kita sudah download data dari internet melebihi volume yang telah ditentukan biasanya internet akan diputus atau diturunkan kecepatannya (Tergantung kebijakan operator).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Bandwidth, Troughput, dan Kuota Internet"

Posting Komentar