Macam - Macam Konektor Jaringan dan Fungsinya

Konektor - dalam teknik elektronika merupakan suatu komponen mekanikal yang berfungsi untuk menghubungkan satu rangkaian elektronika ke rangkaian yang lain atau dalam kata lain digunakan untuk menghubungkan suatu perangkat ke perangkat lainnya. Umumnya konektor terdidi dari konektro plug (male) dan konektor socket (female).

Pada jaringan, konektor memiliki beragam jenis dan begitu juga dengan perbedaan fungsi dari masing-masing konektor yang terkait. Untuk memahami lebih jelas macam-macam konektor tersebut, di artikel kali ini akan dibahas beberapa jenis konektor yang ada pada jaringan beserta fungsinya dan berikut penjelasannya.


1. Konektor Twisted Pair

Konektor ini merupakan jenis konektor yang dipakai oleh kabel Twisted Pair baik itu UTP atau STP. Pada konektor ini teradapat beberapa jenis konektor dengan fungsi yang berbeda antara lain :
Konektor Twisted Pair


  • RJ-45 - Pada dasarnya RJ merupakan singkatan dari Registered Jack yang digunakan untuk menghubungkan kabel berjenis twisted pair, namun ada perbedaan jenis dari konektor ini dalam menghubungkan kabel twisted pair yang berbeda yaitu RJ-45 dan RJ-11. Konektor RJ-45 merupakan konektor yang digunakan dalam instalasi kabel Twisted Pair yang berjenis UTP. Konektor ini digunakan untuk menghubungkan antara kabel UTP dengan NIC yang kebanyakan menggunakan port RJ-45 (LAN). Ciri-ciri dari konektor ini ialah warna konektor yang bening serta terdapat 8 pin tembaga diujung konektor sebagai penghubun antara kabe dengan NIC pada komputer. Pemasangan konektor ini sangat mudah, sebab kita hanya membutuhkan kabel UTP, konektor RJ-45, serta tang crimping untuk menekan pin konektor agar dapat terhubung dengan tembaga kabel.
  • RJ-11 - merupakan jenis konektor yang digunakan dalam jaringan telepon. Konektor ini biasanya dipasang dengan kabel twisted pair berjenis STP.

2. Konektor Fiber Optic.

Fiber Optic merupakan jenis kabel yang mentransmisikan sebuah data melalui cahaya sehingga proses transfer data pada kabel ini akan sangat cepat. Ada banyak konektor yang dapat dipasang untuk keperluan instlasi kabel ini, beberapa jenis konektornya antara lain :
Konektor Fiber Optic

  • Konektor SC (Subcriber Connector) - Konektor ini digunakan oleh kabel fiber optik  dengan mode tunggal.
  • Konektor ST (Straight Tip) - Konektor ini mirip dengan konektor BNC, dan biasanya digunakan untuk kabel firber optik tunggal ataupun multi mode.
  • Konektor LC - konektor ini paling sering digunakan untuk menghubungkan antar switch dengan SFP, lebih dominan dengan cabang yang terpisah RX/TX. Dan konektor ini dapat digunakan untuk kabel fiber optik jenis tunggal ataupun multi mode.
  • Konektor FC (Fiber Connector) - Konektor ini biasanya digunakan untuk jaringan backbone yang menggunakan kabel fiber optik tunggal. Kabel dengan konektor ini akan lebih bagus hasilnya jika digunakan dengan transmiter maupun receiver.
  • Konektor Bionic - Ini merupakan jenis konektor fiber optik yang pertama kali muncul yang biasa digunakan untuk menghubungkan server dan data center pada perangkat versi lama.
  • Konektor D4 - Jenis konektor ini hampir mirip dengan konektor FC (Fiber Connector) hanya saja ukurannya yang berbeda dengan ukuran 2 mm pada bagian ferrule-nya.
  • Konektor SMA - Konektor ini merupakan jenis konektor yang lebih dahulu muncul dari konektor ST yang sama-sama memiliki penutup dan pelindung.
  • Konektor MT-RJ - Konektor fiber optik yang terbaru pada saat ini ialah konektor MT-RJ yang menggunakan model plastik seperti RJ-45 serta instalasi yang mudah untuk dipasang. 

3. Konektor BNC (Bayonet Neil Concelman)

Konektor BNC merupakan jenis konektor yang dipasang untuk kabel Coaxial, baik itu thick coaxial maupun thin coaxial. Walaupun jarang dijumpai pada jaringan komputer akan tetapi konektor ini biasanya digunakan untuk pemasangan CCTV saja. Adapun jenis konektor BNC ini antara lain :
Konektor BNC

  • BNC RG59 - Konektor ini digunakan untuk menyambungkan kabel dengan perangkat CCTV baik itu dengan monitor, DVR, ataupun kamera. Konektor ini khusus untuk menghubungkan kabel CCTV dengan jenis RG6
  • BNC to BNC - Konektor ini ialah jenis konektor yang digunakan untuk menghubungkan kable BNC RG6 yang akan dihubungkan ke monitor, TV, dan DVR.
  • BNC to RCA - Jenis konektor ini digunakan untuk mengubah BNC menjadi RCAA yang akan dihubungkan ke monitor atau TV.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam - Macam Konektor Jaringan dan Fungsinya"

Posting Komentar