Kenali Beberapa Tag Dasar HTML

Menjadi seorang programmer haruslah mengerti serta memahami sebuah bahasa pemprograman seperti html yang akan disusun agar program yang dibuat akan menjadi kompleks dan mengurangi kesalahan dalam pembuatan. Dalam pembuatan sebuah program maka seorang programer pastinya harus hafal tag dan tak hanya itu seorang programmer harus mengetahui maksud dari tag tersebut. Untuk itu pada artikel ini akan dibahas beberapa tag dasar yang harus diketahui dalam menyusun bahasa pemprograman html.
html codes

Sebelum masuk materi inti disini akan dijelaskan terlebih dahulu penggunaan tag dalam bahasa pemprograman html. Tag merupakan sebuah code yang menjalankan perintah tertentu dalam bahasa pemprograman html. Dalam penulisan tag memiliki karakter seperti tanda "<" "nama tag" ">"  contoh <html> , serta pada sebuah tag html kebanyakan memiliki tag pembuka dan penutup yang dibedakan dengan tanda "/" contoh </html> dan dalam penyusunan bahasa pemprograman tersebut harus didahului dengan tag pembuka dan tag penutup.

Pada bahasa pemprograman html terdapat 4 tag dasar dalam menyusun bahasa pemprograman tersebut, ke empat tag tersebut antara lain:

1. HTML
HTML merupakan dasar atau pondasi pembuatan website yang merupakan awalan untuk menyusun tag yang lain sehingga menjadi kesatuan program yang utuh. Dalam file HTML akan selalu didahului dengan tag pembuka <html> dan ditutup dengan </html>.

2. HEAD
Merupakan tag kedua yang diketik setelah HTML yang ditulis diantara tag pembuka dan penutup html. Tag HEAD ini merupakan tag yang mengatur posisi atas halaman website yang berfungsi sebagai pengenal halaman website.

3. TITLE
Untuk memberikan judul pada halaman website dapat ditambahkan dengan tag TITLE yang diketik setelah tag HEAD yaitu diantara tag pembuka dan tag penutup head. Tampilan yang dihasilkan oleh tag ini dapat dilihat dibagaian paling atas pada web browser dan terkadang dapat disisipkan dengan gambar berukuran kecil atau icon.

4. BODY
Pada tag ini merupakan tag inti yang digunakan untuk meletakan bagian isi dari halaman website yang berisikan artikel atau informasi. Jadi untuk menuliskan tag yang lainnya dapat ditambahkan diantara tag pembuka dan tag penutup body. Posisi pengetikan tag ini berada dibawah tag HEAD atau didalam tag HTML.

Untuk mengetahui struktur dasar dalam bahasa pemprograman HTML maka dapat dilihat pada contoh berikut ini :

<html>
<head><title>Judul Halaman Web</title></head>
<body>
Isi Halaman Web
</body>
</html>

Itulah beberapa tag dasar yang harus diketahui serta diingat dalam menyusun bahasa pemprograman html. Mengingat masih banyak tag yang dapat digunakan untuk melengkapi pembuatan halaman website, jadi diharapkan agar struktur tersebut sudah dapat dingat sehigga mudah dalam menggunakan tag yang lain.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Kenali Beberapa Tag Dasar HTML"