Perbedaan Sistem Operasi 32-bit VS 64-bit

Mungkin kalian pernah mengetahui bahwa adanya istilah dari sistem operasi 32-bit atau 64-bit pada sistem operasi yang digunakan. Ataupun juga disaat akan menginstal aplikasi terdapat syarat program yang diperlukan (system requirement) seperti sistem operasi 32-bit atau 64-bit tersebut. Namun apa sih perbedaan antara kedua sistem operasi 32-bit dan 64-bit itu??



Pengertian Sistem 32-bit dan 64-bit

Sistem 32-bit (x86) dan 64 (x64) dirancang untuk memanfaatkan arsitektur Processor dalam kemampuannya memproses sebuah data. Processor dengan arsitektur 32-bit (x86) dalam sekali siklus hanya mampu memproses sebesar 32 bit data beda hal nya dengan arsitektur 64-bit yang dapat memproses dengan jumlah yang lebih data yang lebih besar dalam sekali siklus yaitu sebesar 64 bit data. Ini menandakan processor 64-bit memiliki preforma yang lebih baik ketimbang dengan 32-bit(x86). 


Penggunaan RAM

Hal yang mendasar dalam perbedaan antara sistem 32-bit dengan 64-bit telihat dari batasan penggunaan RAM (Random Access Memory) yang dapat digunakan pada komputer. Pada sistem 32-bit dapat menggunakan RAM dengan kapasitas maksimal sebesar 4 gb dan akan optimal jika menggunakan RAM yang berkapasitas 1 - 2 gb. sedangkan sistem 64-bit depat menggunakan RAM yang berukuran lebih dari 4gb.

Performa

Dilihat dari hasil perbedaan sebelumnya, secara logika sudah dapat ditebak dalam membedakan performa yang dihasilkan oleh kedua sistem tersebut. Pada sistem 32-bit hanya cocok digunakan untuk menjalankan program yang ringan atau tidak terlalu berat. sedangkan sistem 64-bit dapat digunakan untuk menjalankan program yang memerlukan banyak memory seperti, bermain game High Devinition (HD), edit foto, edit video, dll.

Kompatibilitas

Pada dasarnya komputer yang menggunakan sistem 32-bit hanya dapat menggunakan software 32-bit, namun tidak dapat menggunakan software 64-bit sedangkan sistem 64-bit dapat menjalan keduanya

Cara Cek Komputer 32-bit Atau 64-bit

Berdasarkan kompatibilitas sudah diketahui bahwa sistem 32-bit hanya dapat menggunakan software 32-bit, jadi jangan sampai salah dalam melakukan instalasi software. Terus gimana cara cek komputer dengan sistem operasi 32 atau 64?, caranya mudah :
  1.  Tekan Start + R  pada keyboard
  2.  ketik "dxdiag" lalu tekan enter, lalu tunggu sebentar
  3.  setelah selesai maka dapat dilihat pada bagian Operating system apakah komputer kita menggunakan sistem 32 atau 64
Sekian penjelasan sistem 32-bit dan 64-bit ini, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Perbedaan Sistem Operasi 32-bit VS 64-bit"

  1. jadi kalo sy pake laptop dgn ram 4gb bagus pake 64 atau 32?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran Saya pake yg 64 aja mas, tp bisa dilihat dulu dari spek yang lain kalo processornya masih menggunakan pentium saya sarankan pake yg 32 ajar

      Hapus