Mengetahui Perbandingan SSD dan HDD

SSD VS HDD

SSD (solid state drive) merupakan sebuah media penyimpanan data dengan inovasi baru yang menggunakan IC (integrated circuit) sebagai teknologi yang dirakit sebagai memory untuk menyimpan data secara presisten. Berbeda dengan memory dengan media penyimpanan yang sama yaitu RAM, data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun tidak ada daya listrik.

Mungkin masih ada beberapa orang yang masih belum mengenal teknologi yang satu ini. Namun SSD ini meurpakan salah satu inovasi perkembangan dari harddisk (HDD) yang saat ini masih banyak digunakan dalam media komputer. SSD memiliki fungsi yang sama dengan harddisk yaitu untuk menyimpan data-data pada komputer.

Bentuk dan ukuran SSD sama dengan harddisk yang pada umumnya berbentuk kotak dengan ukuran 2.5" (Inch). Yang membedakan harddisk dengan SSD ialah struktur penyimpanan data. Kalau harddisk menggunakan piringan atau cakram dalam menyimpan dan membaca data sedangkan SSD menggunakan microchip berupa IC sebagai media penyimpanan sebuah data.


Kelebihan yang Dimiliki oleh SSD :

1. Proses pembaca data yang cepat
Berdasarkan teknologi yang digunakan oleh SSD, SSD mampu membaca dengan cepat dibandingkan HDD. Dilihat dari kecepatan booting HDD membutuhkan waktu 10 menit dalam prosesnya sedangkan SSD mampu melakukannya hanya dalam waktu 1 hingga 2 menit. Hal ini tentu saja sangat berguna jika komputer membutuhkan kecepatan proses data yang tinggi seperti, bermain game-game berat serta dapat digunakan untuk kepentingan server.

2. Tidak menimbulkan suara berisik
Teknologi penyimpanan yang harddisk menggunakan piringan atau cakram yang berputar untuk menyimpan data sehingga akan menyebabkan kebisingan dalam penggunaan media tersebut. Tetapi SSD menggunakan IC sehingga tidak menimbulkan suara sedikit pun.

3. Cocok untuk sistem operasi
Karena memiliki kecepatan membaca lebih cepat, serta tahan terhadap bentuk kerusakan makan SSD merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan dalam instalasi sistem operasi yang akan memberikan performa yang cepat dalam memproses sebuah data seperti booting atau melakukan penyimpanan data.

4. Transfer data menjadi lebih cepat
transfer data menggunakan SSD akan menjadi jauh lebih cepat dibandinkan menggunakan harddisk karena SSD menggunakan IC sebagai media penyimpanan.

5. Hemat daya
Penggunaan SSD dapat menghemat daya yang digunakan oleh komputer sebesar 10% dibandingkan dengan harddisk. Hal ini tentu saja akan membuat kebutuhan daya istrik pada komputer menjadi berkurang apabila menggunakan SSD sebagai drives storage.

Kekurangan yang Dimiliki oleh SSD :

1. Harga yang terlalu mahal
Media penyimpanan ini akan membuat performa pada komputer akan semakin cepat sehingga dalam segi harga SSD masih sangat mahal. Untuk satu buah SSD dengan kapasitas 128 GB saat ini berkisar 600 hingga 700 ribu atau hampir setara dengan harddik berkapasitas 1 TB

2. Masih sulit untuk ditemui
Peredaran SSD masih tergolong sedikit sehingga agak sulit menemukan toko yang menjual perangkat tersebut.

Perbandingan Dengan Harddisk

Berbeda halnya dengan harddisk yang merupakan perangkat penyimpanan data yang menggunakan teknologi cakram. Teknologi harddisk masih banyak digunakan oleh kebanyakan komputer ataupun laptop karena peredaran serta harga harddisk yang masih relatif murah. 

Kelebihan 
  • Memiliki kapasitas besar
  • Harga konstruksi harddisk lebih murah dibandingkan SSD.
Kekurangan
  • Mengeluarkan bunyi bising
  • Fungsi mekanik dapat berimbas pada intergritas data yang dapat menyebabkan data hilang atau rusak.

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Mengetahui Perbandingan SSD dan HDD"

  1. Ssd merupakan inovasi terbaru dalam penyimpanan data komputer pada dewasaini.ssd juga menjadi salah satu arternatif penyimpanan internal komputer selain hark disk drive (hdd) tidak heran jika ssd akhir akhir ini telah diproduksi untuk digunakan di berapa perangkat komputer dan leptop


    Hdd merupakan suatu komponen penyimpanan data internal yang sudah hadir sejak tahun 1955. Hdd pertama kali di perkenalkan oleh perasaan komputer bernama ibm

    BalasHapus
  2. Pada dasarnya, SSD itu sama seperti HDD. Hanya saja tidak tersimpan pada lapisan-lapisan magnetik layaknya HDD. SSD menyimpan semua data pada chip-chip emory flash yang saling terhubung satu sama lain.

    BalasHapus
  3. dasarnya SDD itu sma seperti HDD. tapi hanya struktur penyimpanan datanya berbeda. kalau hardisk menggunakan jaringan.kalau SDD menggunakan microchip ic sebagai penyimpanan.

    BalasHapus
  4. dari artikel di atas, bisa di simpulkan bahwasanya SSD dan HDD itu memiliki fungsi yang sama. SSD(solid state drive) merupakan inovasi perkembangan dari HDD(Hard disk derive). dimana SSD menggukan IC(integrated circuit) dan di rakit sebagai media penyimpanan data secara presisten. adapun kelebihkan dari SSD:
    •>Proses pembaca data yang cepat
    •>Tidak menimbulkan suara berisik
    •>cocok untuk sistem operasi
    •>Transfer data menjadi lebih cepat
    •>Hemat daya.
    kekuranngan:
    •> harganya lumayan mahal
    •>masih susah di temukan

    perbedaan SSD dan HDD hanya pada struktur penyimpanannya saja SSD Menggukan IC dan HDD menggukan piringan/cakram.

    Kelebihan HDD:
    Memiliki kapasitas besar
    Harga konstruksi harddisk lebih murah dibandingkan SSD.

    Kekurangan HDD.
    Mengeluarkan bunyi bising
    Fungsi mekanik dapat berimbas pada intergritas data yang dapat menyebabkan data hilang atau rusak.

    Demikianlah kesimpulan menurut saya semoga membantu;)

    BalasHapus
  5. Pada dasarnya SSD dan HDD itu sama saja hanya saja tidak tersimpan pada lapisan lapikan magnetik layaknya HDD. SSD menyimpan semua data pada chip chip emory.chip memory pada SSD memiliki kecepatan yangin tinggi dibandingkan dengan HDD, dengan kapasitas yang sama, harga SSD jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD.Dan struktur ukuran penyimpanan datanya berbeda kalau HDD menggunakan piringan atau cakram dalam menyimpan dan membaca data sedangkan SSD menggunakan microchip berupa IC sebagai media penyimpanan sebuah data.

    BalasHapus
  6. HDD HAMPIR SAMA DENGAN SSD, HDD MENGGUNAKAN JARINGAN SEDANGKAN SSD MENGGUNAKAN MICROCHIPIC

    BalasHapus
  7. HDD menggunakan lempengan disk sebagai media dan dengan ukuran kapasitas yang besar juga dengan harga terjangkau, dan SSD itu adalah peningkatan dari HDD yang diharapkan akan memiliki kecepatan read/write itu lebih cepat namun sayangnya harga terlampau mahal juga tidak sebanding dengan kapasitas penyimpanannya

    BalasHapus
  8. ssd memiliki keunggulan yamg lebih daripada hdd,ssd diantara nya proses pembacaan yang cepat,tidak menimbulkan suara berisik,cocok untuk sistem operasi,transfer data cepat,hemat daya,namun kekurarangan harga nya yang mahal,masih sulit ditemui.
    hdd kelebihan memiliki kapasitas besar,harganya murah.
    kekurangan mengeluarkan bunyi bising,data serinhg terjadinya kesalah atau data hilang

    BalasHapus